Oleh: Bakti Rajawali Ministry | November 28, 2008

Saudara Adalah Garam Dunia.

 

           Semua kita mengetahui bahwa garam sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Garam berfungsi untuk memberi rasa pada hampir semua jenis makanan untuk menyedapkan makanan tersebut. Garam juga berfungsi untuk mengawetkan jenis makanan tertentu.

 

            Matius 5:13 berkata:”Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tida ada lagi gunanya selain di buang dan di injak orang.” Kita disebut garam dunia, itu artinya bahwa kita harus memberi rasa kepada dunia ini.

 

            Agar garam itu berfungsi memberi rasa atau mengawetkan, maka garam itu garus membaur dan larut dengan makanan itu. Hal ini berbicara tentang pengaruh yaitu garam itu mempengaruhi makanan itu sehingga menjadi sedap rasanya. Demikianlah kita diharapkan dapat mempengaruhi dunia ini dengan segala apa yang kita miliki dari Allah secara khusus hikmat, pengetahuan dan perbuatan, sehingga kehadiran kita membawa manfaat yang baik dimana kita berada.

 

            Namun kita tetap harus hati-hati. Karena sama seperti garam yang terlalu banyak akan membuat makanan terlalu asin dan garam yang terlalu sedikit akan membuat makanan menjadi hambar, dan keduanya akan menjadi sia-sia, demikianlah kehadiran kita sebagai garam dunia haruslah dalam kewajaran dan tidak terlalu sensasional. Artinya kita harus menempatkan diri sedemikian rupa agar kita beroleh kesempatan memberi pengaruh (rasa) kepada orang-orang disekeliling kita. Misalkan untuk memasak sayur, garam yang ditaruh kira-kira 1 sendok, sedangkan untuk mengawetkan, garam ditaruh 5-6 sendok. Nah, kalau komposisi garam ini terbalik, maka dapat dipastikan fungsi garam itu akan menjadi sia-sia.

 

            Kita boleh tampil alim sealim-alimnya ditengah orang yang sudah percaya, tetapi janganlah kita terlalu alim ditengah-tengah orang yang belum percaya karena sikap itu justeru akan membuat mereka menjaga jarak dengan kita, sehingga kita tidak mempunyai banyak kesempatan memasukkan pikiran-pikiran kita kepada mereka.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: