Oleh: Bakti Rajawali Ministry | November 15, 2010

Pondasi dan Bangunan

Pondasi dan Bangunan.

Umumnya, bentuk suatu rumah akan mengikuti bentuk bondasi yang telah dibuat. Kekuatan bangunan akan sangat dipengaruhi oleh kekuatan pondasi dan tulang bangunan. Semakin kuat pondasi dan tulang bangunan maka semakin kuatlah rumah itu dan lebih aman untuk di tempati.

Namun, meski struktur utama sebuah bangunan akan mengikuti bentuk pondasi, tetapi seorang arsitek/designer dan tukang bangunan dapat membuat tambahan bentuk bangunan untuk memberi nilai tambah pada bangunan itu, misalnya nilai artistik (Seni dan keindahan). Penggunaan bahan-bahan yang berkualitas dan kemampuan (skill) membangun yang baik, akan menghasilkan suatu bangunan yang kokoh dan indah.

Dua unit rumah yang memiliki bentuk pondasi dan struktur tulang yang sama, belum tentu akan menghasilkan rumah yang sama bagus dan indahnya antara satu dengan yang lain. Bisa saja rumah yang satu menggunakan material yang murahan, bentuk kosen dan pintu yang biasa-biasa saja, sedangkan rumah yang lainnya menggunakan material kualitas tinggi dengan design kusen dan pintunya yang artistik.

Rasul Paulus suatu saat dalam suratnya kepada jemaat di Korintus berkata : …tiap-tiap orang harus memperhatikan bagaimana ia harus membangun diatasnya……Entah orang membangun diatas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami……. (1 Kor 3: 10-12). Firman ini mengajak kita untuk melihat kehidupan kita, bagaimana kita telah membangun diri kita. Dalam kekristenan kita bisa mengatakan kita sama-sama memiliki pondasi yang sama yaitu Yesus Kristus, tetapi perlu diperhatikan apakah kita sudah membangun dengan benar hidup kita diatas pondasi yang benar itu? Apakah bangunan hidup kita termasuk murahan (kualitas rendah) dengan design yang biasa-biasa saja atau suatu bangunan dengan kualitas tinggi serta yang memiliki nilai artistik? Dengan kata lain : Orang kristen yang bagaimanakah kita ini?

Sep 2006 – Edit Nop 2010


Responses

  1. berapa ya standar kuat tekan konstruksi bangunan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: