Oleh: Bakti Rajawali Ministry | November 25, 2010

Evaluasi Diri

Mazmur 90:12 “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana”

Untuk mengetahui secara jelas perkembangan suatu program kerja maka diperlukan adanya evaluasi.  Dengan evaluasi kita dapat mengetahui realisasi program dan menelusuri kendala-kendala yang dihadapi serta kemudian mencari dan merumuskan langkah-langkah pemecahannya, sehingga target yang ingin dicapai dengan program itu bisa terlaksana atau setidak-tidaknya sangat mendekati sasaran.

Mungkin kita tidak punya program tertulis menyangkut masa depan kita, tetapi kita punya impian dan harapan untuk masa depan. Untuk itu kita juga perlu mengevaluasi diri, mengevaluasi segala tindakan yang telah kita lalui, merenungkan perkembangan apa yang telah kita capai dan mengidentifikasi kendala-kendala atau kelamahan-kelemahan apa yang perlu diperbaiki.

Pun dalam hal rohani perlu mengevaluasi diri. Bagaimana peningkatan pengenalan kita akan Tuhan, pertumbuhan rohani, buah-buah yang kita hasilkan, dan lain-lain. Untuk meningkatkan kemampuan dan kwalitas diri baik intelektual maupun rohani, modal yang paling penting adalah sikap mau diajar dan mau belajar. Seringkali Tuhan kasih kesempatan bagi kita untuk belajar tatapi waktu itu tidak kita manfaatkan dengan baik, sehingga dari tahun ke tahun kemampuan intelektual kita hanya begitu-begitu saja dan secara rohani tidak bertumbuh.

Dengan kemampuan intelektual dan kedewasaan rohani, bukan saja akan meningkatkan kwalitas hidup kita sendiri tatapi kita juga dapat menjadi berkat bagi orang lain. Hanya orang-orang yang berkwalitaslah yang dapat membuat gebrakan perubahan positif bagi kemajuan kehidupan umat manusia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: