Oleh: Bakti Rajawali Ministry | Agustus 28, 2012

KATA SAMBUTAN MEWAKILI WISUDAWAN/TI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI – BASOM

Pertama-tama marilah kita haturkan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Bapa dan sahabat sejati, atas perkenananNya kita dapat hadir di tempat ini dalam acara wisuda perdana stratum satu Theologia dan Pendidikan Kristen – Sekolah Tinggi Teologi Basom, di hari yang berbahagia ini.

Yang saya hormati:

  • Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Kementerian Agama RI dalam hal ini diwakili oleh Direktur Pendidikan Tinggi Teologi, bapak Drs. Yan Kadang, M.M.
  • Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, bapak Drs. Zulkifli Aka, M.Sc.
  • Ketua Yayasan Bina Ahlak Mulia, bapak Pdt. Boyke Turangan, M.Th.
  • Global Partner selaku mitra kerja Sekolah Tinggi Teologi Basom, ibu Deborah Kim, M.A.
  • Para Pemimpin Sekolah Tinggi Teologi
  • Para Pemimpin Gereja dan Lembaga Gerejawi
  • Seluruh keluarga wisudawan – wisudawati
  • Adik-adik mahasiswa dan seluruh hadirin yang berbahagia

Izinkan saya mewakili wisudawan-wisudawati mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Bina Akhlak Mulia yang mewadahi Sekolah Tinggi Teologi Basom, dan Sekolah Tinggi Teologi Basom yang memberikan kesempatan kepada kami semua mahasiswa untuk mengenyam pendidikan, dan kepada Global Partner dan Gereja Korea sebagai partner Yayasan Bina Akhlak Mulia dalam hal ini ibu Deborah Kim, M.A dalam mendirikan dan mengembangkan Sekolah Tinggi Teologi Basom hingga seperti sekarang ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada ketua Sekolah Tinggi Teologi Basom, dosen-dosen dan seluruh staff non akademik yang telah membantu dan memfasilitasi kami untuk mendalami teologi, menemukan dan mengembangkan potensi diri, membentuk karakter yang lebih baik untuk bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Tuhan.

Rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada orang tua kami yang telah mendukung dalam doa dan dana juga motivasi untuk menyelesaikan pendidikan ini, kepada gereja-gereja yang mengutus dan mendukung mahasiswa, serta para sponsor yang dengan hati tulus mau berkorban untuk mendukung kami, sehingga bisa melanjutkan pendidikan kami dan mendapat gelar akademik sebagai sarjana pada hari ini. Terima kasih atas dukungan, motivasi dan semangat yang kami terima selama ini. Secara khusus kami sebahagian wisudawan dan wisudawati yang sudah berkeluarga, yang harus kehilangan banyak kesempatan berharga untuk bersama-sama dengan isteri atau suami dan anak-anak yang kami kasihi, ketika kami seharian harus bekerja dan dilanjutkan dengan perkuliahan, mengerjakan tugas-tugas kuliah dan juga kesibukan pelayanan. Sungguh, dukungan dan pengertian isteri atau suami dan anak-anak terkasih sangat berarti bagi kami.

Sesuai dengan visi Sekolah Tinggi Teologi Basom yaitu menjadi lembaga pendidikan hamba Tuhan yang misioner bagi panggilan gereja dalam masyarakat dan bangsa mulai dari Batam sampai ke ujung bumi, kami merasakan bagaimana kami dididik untuk memiliki kapabilitas dan integritas sebagai hamba Tuhan yang misioner supaya dapat menjawab tantangan pelayanan di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Empat tahun lebih proses pendidikan telah kami lalui dengan segala suka-duka yang menyertainya. Ada canda, ada tawa, ada pergumulan dan air mata. Ibarat tanah liat yang dibentuk menjadi bejana yang indah, kami pun mengalami proses pembentukan yang tidak mudah. Kesungguhan panggilan kami diuji ketika kami mengalami pergumulan dalam proses pembentukan itu. Namun kami sadar bahwa semua yang kami alami adalah cara Tuhan untuk menjadikan kami hamba-hamba Tuhan yang bukan saja  cerdas tetapi juga hamba-hamba Tuhan yang berkarakter. Semua proses yang telah kami lewati telah menghantarkan kami pada akhir yang membahagiakan dan rasa syukur yang begitu dalam ketika kami di wisuda hari ini.

Rekan wisudawan dan wisudawati,

Dihari yang bersejarah ini sudah tentu rekan-rekan wisudawan dan wisudawati mengalami suka cita kebahagiaan sama seperti saya. Buah dari perjuangan kita untuk memperoleh gelar kesarjanaan stratum satu sudah ditangan kita. Dengan demikian berakhirlah masa studi kita di Sekolah Tinggi Teologi Basom pada level ini. Namun harus kita sadari bahwa dengan diwisudanya kita menjadi seorang sarjana, justru merupakan awal perjuangan yang lebih besar untuk mengaplikasikan ilmu yang kita peroleh di dunia pelayanan praktis.

Dari  hasil penelitian yang kita peroleh baik penelitian lapangan maupun dari sumber-sumber literatur untuk kebutuhan penulisan skripsi, dan melihat fakta-fakta yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari membuktikan masih banyak kasus atau permasalahan sosial yang terjadi. Kita diperhadapkan dengan masalah-masalah sosial seperti: kemiskinan, pengangguran, kesenjangan sosial, perceraian, gaya hidup bebas, pornografi, prostitusi dan lain-lain yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia secara umum dan juga gereja. Gaya hidup materialistis yang berkembang pesat ditengah peradaban dunia sekarang ini pun mempengaruhi gereja yang dibuktikan dengan perubahan persepsi banyak orang dimana banyaknya jemaat, megahnya gedung gereja dan banyaknya uang yang diterima gereja menjadi ukuran keberhasilan sebuah pelayanan.

Saudara dan saya dipanggil Tuhan untuk dunia ini, dan dunia ini membutuhkan perhatian kita sebagai hamba Tuhan dan sebagai insan akademis yang menerima panggilan Tuhan untuk bukan hanya sekedar terlibat dalam pelayanan tetapi juga perlu memikirkan dan melakukan terobosan-terobosan baru. Tentu kita tidak mampu untuk melakukannya sendiri, namun kita bisa bersinergi antara satu dengan yang lain, bersinergi dengan gereja  dan dengan elemen-elemen yang ada di masyarakat.  Saya yakin Roh Kudus akan menolong kita untuk maksud-maksud mulia melalui panggilan-Nya kepada kita sebagai hamba-hamba Tuhan.

Akhirnya saya, atas nama seluruh wisudawan-wisudawati  mengucapkan Soli Deo Gloria.

“Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”

Syalom.

Lomser Hutabalian, S.Th.


Responses

  1. yayasan basom joint korea,,
    apakah yayasan basom mengenal yayasan yemyung??
    yang lari dari visi misi…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: