Oleh: Bakti Rajawali Ministry | Maret 20, 2014

S 1461 AN

Tulisan diatas ditulis dengan huruf besar di kaca pintu belakang sebuah mobil angkot. Seperti biasa, saya akan selalu mencoba memikirkan arti/makna dari apa yang saya lihat atau temukan dimana saja saya berada, secara khusus hal-hal yang unik atau tidak umum. Dengan cara itu saya sering mendapatkan sebuah pengetahuan/hikmat atau berupa “benih” pengetahuan yang mungkin suatu saat akan menjadi pengetahuan baru ketika dihubungkan dengan hal-hal lain yang saya lihat atau temukan di lain waktu.

Pertama sekali saya mencoba membacanya dengan apa adanya, S-SATU-EMPAT-ENAM-SATU-AN, saya tidak menemukan sebuah arti yang saya mengerti dalam bahasa Indonesia. Kemudian saya coba membacanya dengan membaca angka sebagai solmisasi. S-DO-FA-LA-DO-AN, juga tidak menemukan arti.  Terakhir saya mengganti angka-angka dengan huruf yang bentuknya mirip; S-I-A-G-I-A-N. Hah…. Ini dia. Pasti yang punya mobil ini orang batak marga “SIAGIAN”  Benar atau tidak  tentu harus ditanyakan langsung kepada supir yang mengemudikan mobil ini. Namun, sangat besar kemungkinan bahwa tulisan itu adalah SIAGIAN.

Yang menarik untuk kita renungkan adalah bahwa dalam kehidupan ini terkadang kita akan menemukan hal-hal yang memiliki arti/maksud yang berbeda dari sekedar makna apa yang tampak. Sebuah arti/maksud yang hanya ditemukan jika dipikirkan/direnungkan lebih dalam. Sebutlah misalnya, persoalan, tantangan, penderitaan/kesengsaraan.  Rasul Paulus pernah menulis “Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” (Roma 5:3-5). Artinya bahwa di balik kesengsaraan yang mungkin suatu waktu diizinkan oleh Tuhan, memiliki maksud untuk menjadikan tekun, tahan uji dan pengharapan. (LH Mar’14)


Tinggalkan Balasan

Kategori

