Oleh: Bakti Rajawali Ministry | April 28, 2014

DIBALIK NAMA

Meskipun nama yang diberikan orang tua kepada anaknya tidak selalu memiliki arti khusus, tetapi secara umum nama yang diberikan merupakan wujud harapan dan doa orang tua untuk anaknya. Nama-nama itu bisa merupakan kata atau penggabungan beberapa kata. Misalnya, nama “Romauli” adalah merupakan penggabungan kata-kata dari bahasa Batak yaitu “roma” artinya “datanglah” dan “uli” artinya “kebaikan”, jadi “Romauli” berarti “datanglah (kiranya) kebaikan”.

Dalam bahasa Jawa ada nama “Sugiarto” berasal dari kata “Sugih” artinya “kaya/banyak” dan “arto” artinya “harta/uang”. Nama ini mengandung harapan orang tuanya agar kelak dia menjadi orang yang memiliki banyak uang/harta. Nama “Joyo Seputro” berasal dari kata “Joyo” artinya “Jaya/Berjaya” dan “Seputro” artinya “semua anak-anak”

Nama juga bisa berasal dari nama benda atau istilah tertentu yang telah dimaknai secara umum sebagai sebuah lambang, misalnya : Bunga (indah, cantik,dll), Bintang (terang, penerang, indah, dll), Tiurma (terang-lah), Banyu (air – kehidupan), Budi (baik/bijak) dan lain sebagainya.

Nama-nama tokoh atau orang-orang terkenal pun tidak jarang digunakan oleh orang tua kepada anaknya dengan harapan kelak si anak bisa mengikuti jejak ketokohan sang tokoh yang dimaksud atau menjadi orang yang terkenal atau yang berhasil. Tokoh-tokoh atau istilah yang ada di Alkitab pun tidak luput digunakan oleh sebagian orang tua kepada anaknya dengan harapan anaknya itu mengikuti citra yang baik dari tokoh-tokoh tersebut.

Jelaslah bahwa orang tua selalu mengharapkan dan mendoakan yang terbaik terjadi kepada anak-anaknya. Latarbelakang pemberian nama anak seperti yang dijelaskan diatas menjadi salah satu bukti yang menguatkan hal itu. Tidak ada orang tua yang menginginkan yang tidak baik buat anak-anaknya. Lebih dari sekedar memberi nama yang bermakna, orang tua bahkan merencanakan, bertindak dan bekerja keras untuk anak-anaknya.

Tahukah anda bahwa Tuhan juga menginginkan yang terbaik buat anda? Bahkan kebaikan Tuhan sesungguhnya melebihi kebaikan orang tua kepada anak-anaknya (Mat. 7:11, Yer.29:11). Kepada manusia diberi seorang Juruselamat yang bernama “YESUS” yang artinya “TUHAN adalah keselamatan” atau “TUHAN menyelamatkan”. Dia juga disebut “Immanuel” yang berarti “Allah menyertai kita” (LH-Apr 14)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: