Oleh: Bakti Rajawali Ministry | Juni 13, 2014

D E B A T

Situasi menjelang pemilihan presiden Republik Indonesia untuk masa bakti 2014-2019 cukup terasa hangat. KPU telah menetapkan 2 pasangan capres-cawapres pada pemilihan tahun ini dan telah menjadwalkan masa kampanye dan debat terbuka kepada kedua pasangan yang disiarkan di beberapa TV nasional.  Ucara ini tentu bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para calon untuk menyampaikan visi dan misinya dan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat kwalitas para kandidat supaya siapa pun yang menjadi pilihan masyarakat, diharapkan itulah yang terbaik.  Selain jadwal debat terbuka yang dilakukan oleh KPU kepada capres-cawapres, beberapa lembaga dan stasiun televisi juga mengadakan acara debat antara elit politik pendukung kedua pasangan tersebut.

Di “akar rumput” pun debat tidak bisa dihindari. Meski tidak ada yang memfasilitasi dan menjadwal debat, para pendukung masing-masing calon saling berdebat tak kalah sengit. Di kantor-kantor, di warung-warung kopi, di  bis kota, di ruang tunggu, dll. Masing-masing orang menyampaikan dengan semangat hal-hal yang merupakan alasan mengapa kandidat tertentu pantas untuk mereka dukung, dan dengan rada sinis menyebutkan sederatan daftar alasan mengapa calon lainnya tidak pantas di dukung.

Di alam demokrasi sah-sah saja orang berbeda pendapat. Berdebat  atau diskusi/sharing pun sah-sah saja dilakukan, namun menjaga suasana kondusif sangat  diperlukan supaya tidak memancing emosi lawan bicara yang dapat menimbulkan keributan/pertikaian baik di tingkat “akar rumput” maupun di tingkat elite politik. Masyarakat harus tetap sadar bahwa ini adalah sebuah pesta demokrasi dimana masyarakat Indonesia berkesempatan untuk memilih pemimpin yang dianggapnya terbaik. Sebab tidak semua masyarakat di dunia ini yang bisa menentukan siapa yang akan memimpin negerinya. Contohnya adalah Korea Utara yang dipimpin oleh otoriter selama tiga generasi,  dan Myanmar yang dipimpin oleh junta militer.

Layaknya keinginan dan harapan masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik, demikianlah kita juga berharap bahwa di masa kampanye, pemilihan dan pasca pemilihan nanti, situasi di dalam negeri tetap baik dan kondusif. Mari kita ambil bagian untuk mewujudkannya (LH-Juni 14)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: