Oleh: Bakti Rajawali Ministry | Agustus 4, 2014

Bukti Orang Percaya (Rangkuman Kotbah Minggu, 27 Jul 2012)

Nats : Yoh. 10:22-29
Ayat 24 ini menjelaskan bahwa orang Yahudi sesungguhnya sedang menantikan Mesias, sang Juruselamat. Tentang Mesias ini telah dinubuatkan di kitab Perjanjian Lama dan diajarkan turun-temurun. Mesias yang telah dijanjikan jauh sebelum Kristus lahir menjadi sebuah bukti kasih Tuhan yang akan menyelamatkan manusia.

Menjawab pertanyaan orang Yahudi yang bimbang ini, Yesus berkata bahwa Ia telah mengatakannya dan perbuatan muzijat adalah bukti-bukti yang meneguhkan hal itu, tetapi mereka sendiri yang tidak percaya. Demikian juga kehidupan orang yang tidak percaya, bahwa kebimbangan yang terjadi dalam hidup manusia seringkali bukan karena kurangnya pertanyaan-pernyataan dan bukti-bukti yang telah dikerjakan Allah, melainkan karena tidak percaya kepada Tuhan.

Yesus menegaskan bahwa mereka yang tidak percaya itu karena mereka bukan domba-domba-Nya Tuhan, sebab domba akan selalu mendengar, percaya dan mengikuti kemana saja gembala membawa kawanan itu. Pertanyaan bagi kita adalah “apakah yang menjadi bukti bahwa kita adalah kawanan domba Tuhan?” Buktinya adalah bila kita mendengar suara (Firman) Tuhan dan mengikuti Dia atas dasar percaya kepada-Nya sebagai Gembala Agung yang memelihara jiwa kia.

Diantara orang-orang Yahudi yang mengikut Yesus ketika itu, terdapat orang-orang Yahudi yang percaya dan orang-orang Yahudi yang tidak percaya. Mereka sama-sama mendengar pengajaran Tuhan, dan mengikuti Yesus. Perbedaannya adalah bahwa yang satu percaya dan yang lainnya tidak. Yang percaya tetap mengikuti Dia dengan setia sedangkan yang tidak percaya mau melempari Dia.

Mungkin saja banyak orang datang ke gereja setiap minggunya, mereka sama-sama mendengar firman Tuhan dan memberi persembahan, namun seorang murid akan mengikuti Tuhan dengan setia atas dasar percaya kepada Tuhan dimana hidupnya memuliakan Tuhan, sedangkan yang bukan murid akan “melempari” (mempermalukan) dengan kehidupannya yang tidak benar.
Bagian orang percaya adalah menerima hidup yang kekal; tidak binasa sampai selama-lamanya, demikian kata Firman Tuhan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: