Oleh: Bakti Rajawali Ministry | Januari 23, 2015

THE TEARS

Shalom,

Seorang penginjil besar abad 20, Billy Graham pernah berkata ““Tears shed for self are tears of weakness, but tears shed for others are a sign of strength.” (Air mata yang tumpah untuk diri sendiri adalah air mata kelemahan, namun air mata yang tumpah untuk orang lain adalah tanda kekuatan). Umumnya manusia akan merasa sedih, pilu bahkan menangis ketika ada pergumulan yang menyangkut perihal diri atau kepentingannya. Sedangkan bila menyangkut pergumulan orang lain, umumnya manusia tidak terlalu perduli.

Bila seseorang menumpahkan air mata (menangis) untuk dirinya sendiri, itu pertanda bahwa dia belum bisa menguasai hati dan pikirannya dari perasaan “patut dikasihani”. Perasaan itu akan diikuti oleh harapan agar orang-orang lain memperhatikan, berbuat atau bertindak untuknya. Dan bila harapan itu tidak terwujud, seseorang itu mungkin akan menyalahkan orang-orang disekitarnya bahkan mungkin akan menyalahkan Tuhan atas pergumulan yang dia alami.

Seseorang yang menumpahkan air mata untuk orang lain tentu karena memiliki empati yang kuat, yang timbul dari hati yang mengasihi. Seseorang yang menempatkan perasaannya seperti perasaan orang lain yang sedang bergumul. Hati yang mengasihi akan berusaha melakukan sesuatu. Meski hanya dapat melakukan tindakan kecil, itu akan dilakukannya. Tindakan yang sifatnya pengorbanan diri. Mengapa seseorang yang menumpahkan air mata untuk orang lain adalah pertanda kekuatan? Sebab dia sudah dapat mengatasi pikiran dan perasaannya dan berpindah dari merasa “patut dikasihani” menjadi “patut mengasihani”.

Hidup kita terus berproses. Pergumulan akan tetap ada. Sikap kita menghadapi pergumulan dipengaruhi oleh kedekatan kita dengan Tuhan. Maka membangun hubungan yang semakin intim dengan Tuhan adalah kebutuhan. Dan sarananya adalah doa, ibadah, merenungkan firman Tuhan dan melakukannya. Dan akhirnya kita dapat menumpahkan air mata untuk orang lain.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: