Oleh: Bakti Rajawali Ministry | Februari 13, 2015

FIRST IMPORTANCE

Nats: I Korintus 15:1-4

Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus khususnya Pasal 15 adalah untuk mengingatkan jemaat Korintus sekaligus menegaskan bahwa kebangkitan Kristus adalah benar adanya dan bisa dibuktikan lewat saksi-saksi. Namun timbul pertanyaan; mengapa Paulus perlu mengingatkan ini kepada jemaat di Korintus, bahkan dengan tegas dan gamblang, sedangkan di ayat pertama dikatakan: “…Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu TERIMA, dan di dalamnya kamu TEGUH berdiri”? Bukankah orang yang sudah teguh didalam Injil seharusnya tidak perlu lagi diingatkan setegas dan sejalas ini?

Ternyata setelah di bandingkan dengan terjemahan bahasa Inggris ditemukan bahwa kata “terima” menggunakan kata “Believed” dan “teguh” menggunakan “Trusted”. Kata “believed” berarti “percaya”. Ketika seseorang percaya atau menyatakan imannya maka dia menerima apa yang dipercaya itu. Percaya Yesus berarti menerima Yesus. Maka kata “terima” dalam Alkitab terjemahan bahasa Indonesia tidak salah. Kata “Trusted” berarti “beriman, yakin/teguh pada kebenaran yang dipercayai (yang nyata dari sikap hidupnya). Maka kata “teguh” dalam Alkitab terjemahan bahasa Indonesia adalah nyambung.

Mari kita coba lihat grammernya, ternyata di Alkitab terjemahan bahasa Inggris kedua kata yang kita garis bawahi menggunakan kata dalam bentuk PAST TENSE. Past Tense artinya sudah lampau. Disinilah terjadi pencerahan, yang tidak kita temukan dalam terjemahan bahasa Indonesia. Artinya bahwa DULU jemaat Korintus itu “percaya (menerima)” Injil dan “Teguh” di dalamnya, namun SEKARANG tidak lagi, oleh karena itu rasul Paulus perlu mengingatkan, menjelaskan kembali secara gamblang dan tegas.

Sadar atau tidak, orang Kristen pun sering melupakan ajaran dan nasehat Tuhan, entah karena ajaran dunia ini atau karena pergumulan hidup. Maka kita bersyukur bila Tuhan masih berikan waktu bagi kita untuk beribadah, belajar dan merengungkan firnan Tuhan, sebab disana kita bukan saja diajari dan dinasehati tetapi juga di ingatkan.
Kalimat “sangat penting” di ayat 3, bahasa aslinya menggunakan “Protos” (dari Sabda.org) berarti: pertama, yang pertama, yang terpenting, terdahulu, terkemuka, sangat penting. Kata ini diterjemahkan sebagai “sangat penting” di Alkitab Terjemahan Baru hanya 1 kali yaitu di ayat 3 ini saja. Sedangkan dibagian lain Alkitab ini lebih banyak diterjemahkan “pertama”, “yang pertama”, “terkemuka” dll.

Beberapa Alkitab terjemahan bahasa Inggris juga menggunakan kalimat “first of all – pertama diatas semuanya” (KJV) dan “first importance – pertama/paling penting” (NET). Dalam hal ini, meski kata “sangat penting” bisa diterima, namun “the first importance” memiliki arti yang lebih dalam. “Sangat Penting” memang adalah penting, tetapi belum tentu yang pertama/paling penting. Sedangkan “first importance” (yang pertama/paling penting) berarti tidak ada lagi yang lebih penting diatasnya.

Lalu apa yang pertama/paling penting itu? Yaitu, bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, bahwa Ia telah dikuburkan dan bahwa Ia telah dibangkitkan (Ayat 3-4)

Mengapa ini dikatakan pertama/paling penting? Karena berita tentang Kristus; kematian, kebangkitan, tentu juga kelahiran dan kenaikannnya adalah DASAR dari iman Kristen. Agama (yang disebut) Kristen atau teologi Kristen APA PUN tanpa KRISTUS adalah NOL. Sedangkan kematian dan kebangkitan Kristus seperti yang disoroti dalam ayat-ayat ini adalah dasar pengharapan akan kebangkitan orang-orang percaya kelak setelah melalui kematian fisik.

TIDAK ADA yang lebih penting selain INJIL yang adalah KABAR BAIK dimana Kristus mati bagi manusia KETIKA mereka masih BERDOSA (Roma 5:8). Dan inilah bagian kita yang percaya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: