Oleh: Bakti Rajawali Ministry | Februari 17, 2015

B A N J I R

Mendengar kata “banjir” biasanya yang terpikir oleh kita adalah adanya luapan air dari aliran air (sungai, tali air, paret, dsb) yang melimpah dan menjangkau tempat yang lebih tinggi dari biasanya. Banjir bisa terjadi oleh karena adanya sumbatan di aliran air (drainase), curah hujan yang sangat tinggi atau karena banyaknya air kiriman dari hulu sehingga mengakibatkan banjir di hilir. Rasanya tidak seorang manusia pun yang mengharapkan terjadi banjir di lingkungan atau daerahnya, sebab banjir akan selalu menimbulkan kerugian.

System drainese yang buruk di perkotaan, ditambah lagi miskinnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan; ke parit, got atau sungai , memiliki andil terjadinya banjir. Bila banjir sudah melanda, tidak sedikit orang selalu mempertanyakan peran pemerintah dalam mencegah dan mengatasi banjir. Namun sebagai warga negara yang baik, peran masyarakat harus juga ditingkatkan, bukan saja tidak membuang sampah sembarangan tetapi juga mengingatkan dan menasehati warga lain yang “tertangkap” belum disiplin dalam hal menangani sampahnya.

Namun ada juga banjir yang menguntungkan, tetapi bukan dalam maksud seperti ditas diatas walau dalam pengertian yang sama yaitu meluap atau melimpah atau melebihi dari biasa. Dalam hal ini banjir juga dikonotasikan positif, seperti: Banjir Hadiah, Banjir Pengunjung, Banjir Orderan, Banjir Ucapan Selamat, Banjir Berkat, dll.

Bila banjir berarti melimpah, maka sebagai pengikut Kristus, sudah sepatutnya kita banjir ucapan syukur (Kol.2:7), banjir kebajikan (2 Kor 9:8) dan banjir kebahagiaan (Yes.48:18) dan banjir sukacita (Maz.16:11). Sebab hidup yang diinginkan Tuhan bagi kita adalah hidup yang berkelimpahan (Yoh.10:10).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: